Soal Cover Edisi Soeharto, Majalah Tempo Minta Maaf

 soeharto-copy.jpg

Pemred Majalah Berita Mingguan (MBM) Tempo meminta maaf atas pemuatan cover Tempo edisi 4-10 Februari 2008 yang mendapat reaksi keras umat Kristiani. Namun, majalah itu tidak akan ditarik.


“Saya atas nama seluruh wartawan dan institusi Tempo, memohon maaf. Karenanya permohonan maaf ini akan kita muat dalam Koran Tempo edisi besok, situs Tempo interaktif online dan Majalah Tempo edisi minggu depan,” ujar Pemred MBM Tempo Toriq Hadad dalam jumpa pers di gedung Tempo Jalan Proklamasi Jakarta Pusat, Selasa (5/2).
Toriq mengatakan, pihaknya tidak bermaksud melukai perasaan umat Katolik dengan memuat cover di majalah Tempo. “Ini hanya salah tafsir. Ternyata penafsiran kita berbeda. Kami hanya mengambil inspirasi dari Leonardo Da Vinci. Ternyata foto itu diagungkan oleh umat Kristiani,” ujar pria berkacamata ini.


Toriq mengatakan, majalah Tempo yang telah beredar tidak akan ditarik kembali. Namun, untuk Tempo edisi Bahasa Inggris, pimpinan redaksi sepakat untuk menggunakan cover lain. “Dari masukan yang datang ke kami, untuk edisi bahasa Inggris kami gunakan cover lain,” tutur Toriq.


Ketua Forum Komunikasi Alumni Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Hermawi Taslim mengatakan, persoalan tersebut akan selesai jika pihak Tempo konsisten terhadap janjinya. “Persoalan ini kami anggap selesai, kalau Tempo memenuhi komitmen,” kata Hermawi.
Ia menuturkan, dalam dialog selama 1 jam, Tempo berkomitmen untuk mengklarifikasi dan meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulangi lagi. Hermawi juga mengatakan, pihaknya tidak meminta ganti rugi kepada MBM Tempo. “Maaf sudah cukup. Tidak ada ganti rugi dan teman-teman akan ke daerah untuk menjelaskan duduk persoalannya, agar tidak terjadi gejolak,” ucap Hermawi.

Sekitar 8 orang dari sejumlah organisasi Katolik telah datang ke Kantor Majalah Tempo sejak pukul 13.20 WIB. Selain Hermawi ada perwakilan dari Pemuda Katolik, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). Mereka didampingi tim pembela kebebasan beragama Paskalis Pieter untuk menyampaikan keberatan dengan cover yang dimuat majalah Tempo. (Sumber: detik.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s