Profil Posmetro Medan

Kehadiran Posmetro Medan tidak dapat dilepaskan dari nama Medan Ekspress, Radar Medan serta Radar Nauli. Meski sudah tidak eksis lagi, namun ketiganya adalah cikal bakal Posmetro Medan. Kesemuanya adalah bagian dari strategi bisnis yang dilakukan Jawa Pos Grup untuk menaklukkan pasar pembaca surat kabar di Sumatera Utara. Kru yang mengasuh Posmetro Medan juga merupakan kelanjutan dari kru yang ada di ketiga media tersebut.

Jawab Pos Grup merupakan salah satu ikon kerajaan media terbesar di Indonesia. Perusahaan media yang dimiliki oleh pengusaha Dahlan Iskan ini memiliki lebih dari 70-an media di seluruh Indonesia. Perusaahaan ini terus menerus melakukan ekspansi pasar, termasuk di Sumatera Utara dengan menerbitkan media lokal. Sekitar tahun 1998, Jawa Pos mulai melirik potensi pasar di Sumatera Utara. Di tahun itu mereka menerbitkan Surat kabar Radar Medan. Selanjutnya, Jawa Pos Grup menerbitkan lagi surat kabar dengan format yang sama. Surat kabar itu diberi nama Radar Nauli. Surat kabar ini lebih ditujukan ke daerah-daerah atau kota yang jauh dari Medan, seperti Labuhan Batu dan Tapanuli. Karena itu mereka mencetak lebih awal daripada Radar Medan.

Sehari-hari, Radar Nauli dan Radarberada dalam kantor yang sama. Percetakannya juga sama. Kru yang bekerja di kedua surat kabar itu merupakan pecahan dari yang ada di Radar Medan. Artinya kru yang ada dibagi menjadi dua. Dan dilakukan penambahan jika terjadi kekurangan jumlah sumber daya.

Tanggal 30 September 2001, Surat Kabar Radar dan Radar Nauli ditutup. Sebagai gantinya, Jawa Pos Grup meluncurkan dua surat kabar yang baru yaitu Posmetro Medan dan Sumut Pos. kru yang bekerja di sana juga dipilih dan dipecah dari Radardan Radar Nauli.

Tanggal 2 Oktober 2001 Posmetro Medan terbit pertama sekali sehari setelah edisi perdana Sumut Pos. Posmetro yang mengusung motto: “Criminal News Leader” konsisten menyajikan berita kriminal, seks  dan supranatural. Posmetro Medan terbit dengan periode tujuh kali seminggu. Non Stop. Disajikan setiap pagi dengan berita-berita utama seputar kriminal, seksual dan supranatural. Selain itu Posmetro Medan mengusung isu-isu seputar politik nasional, olahraga, dan hiburan Dengan oplah Posmetro Medan dipasarkan ke seluruh pelosok kota Medan serta beberapa daerah di Sumatera Utara: Binjai, Langkat, dan Deli Serdang.

 

Iklan

4 pemikiran pada “Profil Posmetro Medan

  1. dengan penggunaan tata bahasa sehari-hari (istilahnyabahasa medan) yang dapat dimengerti semua kalangan dan dengan tampilan full colour membuat posmetro mempunyai keunikan tersendiri. maju terus … dengan berita berita yang lebih menggigit dan menghibur.
    klo aku ingin menyumbang gambar-2 karikatur gmana caranya ya, hitung-hitung tambah uang saku.
    kebetulan aku mempunyai banyak gambar- gambar karikatur buatan sendiri lho..
    mohon infonya

  2. Untuk POSMETRO, seiring semangkin berjalannya waktu POSMETRO semangkin baik beritanya aktual dan terpercaya bahasanya sedikit demi sedikit lebih baik tidak seperti dahulu pertama-tama kali terbit ada bahsa-bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, Tapi satu masukan buat POSMETRO sewaktu kemarin saya membaca Iklan-Iklan Di POSMETRO sepertinya ada kejanggalan karena Iklan-Iklan Perdukunan itu ada seseorang dengan memakai nama Ustad tapi YANG DI Tawarkan adalah kesirikan, tolong POSMETRO jangan dimuat karena ini adalah penyesatan kepada Umat, masih banyak Iklan-Iklan yang lain lebih baik lagi dengan hasil yang halal dan akan menaikan citra POSMETRO, Koran yang dapat di pertanggung jawabkan didunia dan Akhirat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s