Serba-serbi Komunikasi

  • Tahun 1992 di Rwanda stasiun radio miliki pemerintah berperan penting dalam membantu kaum milisi untuk melakukan propaganda terhadap suku Hutu yang dominan untuk membenci suku Tutsi. Hal in efektif hingga tersiar kabar adanya genosida dengan jumlah lebih dari 800.000 nyawa suku Tutsi melayang.
  • Setiap detik Anda menonton televisi atau film, Anda sesungguhnya melihat sejumlah 25 gambar diam.
  • Minat baca buku yang minim dari masyarakat Indonesia, menyebabkan penerbit hanya berani mencetak 3000 eks. Untuk judul baru dengan penulis pemula. Richard Oh menyebutnya sebagai “kutukan 3000”.
  • Ponsel saat ini digunakan lebih dari 2 milyar orang di seluruh dunia dan di lebih dari 212 negara.
  • Hasil poling Kompas terhadap responden pria dan wanita remaja Indonesia menunjukkan kebanyakan mereka menggunakan ponsel untuk bermain game ketimbang pada fungsi esensialnya.
  • Hasil penelitian Mobile Lifestyle yang dilakukan oleh Asia Market Intelligence yang bermitra dengan Siemens menunjukkan, ternyata 92,9% orang Indonesia membawa ponsel ketika liburan. Fakta menarik lainnya adalah 54% orang Indonesia tidur dengan ponsel di sampingnya. Lalu 82,9% pengguna ponsel Indonesia suka bicara ringkas dan langsung ke pokok masalah.
  • Nama kota “Nokia” diambil dari nama sebuah sungai yang mengalir, yang memiliki nama asli “Nokianvirta”, yang diambil dari bahasa Finlandia kuno yang berarti sejenis spesies hewan predator berbulu hitam yang sering ditemukan di negara tersebut namun sudah punah saat ini.
  • Nokia masuk dalam daftar 20 besar perusahaan yang paling diminati di seluruh dunia berdasarkan majalah Fortune tahun 2006 (urutan pertama dalam bidang jaringan komunikasi dan urutan keempat sebagai perusahan non-Amerika).
  • Jika anda perhatikan, seluruh model ponsel Nokia yang beredar di kawasan Asia tidak memiliki digit angka 4, karena oleh sebagian besar masyarakat Asia, khususnya tradisi chinese, angka tersebut diyakini membawa kesialan atau hal buruk lainnya. Tetapi digit angka 6 justru merupakan keberuntungan bagi mereka. Tetapi angka 6 dalam 3 digit (666-triple six) diyakini kaum nasrani dan yahudi sebagai angka binatang, lucifer (raja setan, iblis atau dajjal dalam sebutan muslim) dan antikristus.
  • Terdapat peningkatan dua kali lipat pengguna ponsel setiap tahunnya di Afrika. Untuk than 2005 saja tercatat pelanggan sejumlah 10 juta lebih. Walaupun demikian hal ini terhitung lamban.
  • CDMA 2000-1X memiliki kemampuan transfer data maksimum sebesar 153 kilobyte per detik (kbps) dengan throughput mobile 60 kbps-80 kbps. Sementara, GPRS yang diandalkan GSM hanya menawarkan transfer data sampai 115 kbps saja dengan throughput mobile 30 kbps-40 kbps. Itu sebabnya CDMA 2000-1X mampu mengakses layanan yang membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi seperti mengirim e-mail dengan lampiran file teks atau gambar berukuran besar.
  • Dalam beberapa penelitian di Eropa, ternyata radiasi ponsel bisa menyebabkan kanker pada sejumlah organ tertentu manusia. Penelitian ini menyebutkan terlalu lama menggunakan ponsel dekat dengan telinga dalam rentang waktu tertentu dapat menyebabkan kanker otak. Demikian juga kaum pria yang suka mengantongi ponsel di sakunya berpotensi terkena kanker prostat. Namun demikian belum ada hipotesis apakah payudara kaum hawa bisa terkena penyakit yang sama jika ia sering menggantungkan ponsel dekat dengan wilayah dada. Menghindari dari kenyataan positif ini nantinya, beberapa pakar menyarankan memilih ponsel yang memiliki antena eksternal ketimbang antena internal. Pasalnya ponsel yang memiliki antena eksternal memiliki radiasi yang cukup kecil jika dibandingkan yang berantena internal. Sebab, ponsel yang berantena eksternal tidak mengeluarkan radiasi yang cukup besar untuk menangkap dan mengirimkan data. Sekaligus kondisi seperti memang menghemat daya baterai ponsel secara signifikan. Tetapi ini masih menjadi kontroversi. Sebut saja ini masih sebatas mitos.
  • Sejak tanggal 14 September 2006 Telkomsel secara resmi mengoperasikan teknologi ponsel 3G. Kini Telkomsel mulai membangun 10 BTS 3G setiap harinya di seluruh Indonesia dan diperkirakan akan rampung untuk 5 kota besar di tanah air pada dua tahun mendatang.
  • Tujuh operator besar dunia telah membentuk kelompok untuk mengembangkan standarisasi teknologi mobile masa depan penerus 3G. Ketujuh operator tersebut adalah: China Mobile, KPN, NTT DoCoMo, Orange, Sprint Nextel, T-Mobile dan Vodafone. Mereka tergabung dalam Next Generation Mobile Networks (NGMN), yang telah terdaftar sebagai perusahaan terbatas di Inggris. Pembentukan NGMN bertujuan untuk mengembangkan visi umum pada jaringan dan teknologi mobile, yang akan membawa industri ke generasi penerus 3G, yaitu High Speed Packet Access (HSPA) dan Evolution Data Optimized (EVDO). NGMN telah menetapkan sejumlah persyaratan untuk jaringan mobile pita lebar (broadband) masa depan, yang ditujukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mengandalkan performa broadband dan interoperabilitas yang baik.
  • “Jumlah pelanggan 3G, termasuk CDMA2000, diperkirakan mencapai 285 juta hingga akhir 2006,” kata Jake Saunders, direktur perusahaan riset ABI Research’s Asia-Pacific, seperti dikutip detikINET, Minggu (10/09/2006) dari Cellular News. “Keseluruhan belanja modal para operator akan tumbuh pada tahun keempat, mencapai US$126,4 miliar, dan pengapalan handset 3G akan mencapai 300 juta unit,” lanjutnya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s