Media Hindia Belanda

Tercatat media massa pertama, pers resmi buatan pemerintah Belanda pada tahun 1744, bernama Bataviasche Nouvelles. Akan tetapi hanya bertahan sampai dua tahun. Selanjutnya bermunculan surat-surat kabar lain di berbagai daerah di Medan, Padang, Bandung, Semarang dan banyak lagi, yang mengusung berita-berita umum dan pers bercorak teknis seperti pertanian dan olahraga. Koran pertama di Medan adalah Deli Courant pada tahun 1884.
Mengenai isi berita pers Belanda lebih condong bagi kepentingan bisnis mereka seperti industri perkebunan teh dan tembakau serta perusahaan minyak. Jadi, berita-berita bernuansa politik jarang sekali ada–walaupun yang mengelola orang Belanda sendiri. Dan tidak sedikit yang menyuarakan kepentingan pemerintah Belanda. Apalagi pemerintah  Belanda memiliki hak untuk menyeleksi berita-berita yang masuk. Biasanya berita-berita dari luar Hindia Belanda dikirim lewat pos.
Namun sejak akhir abad ke-19 mulai bemunculan media-media yang berhaluan politik. Tepatnya pada tahun 1897 dua media yakni Bondsblad dan Indische Bond yang mencoba memperjuangkan perlakuan yang sama dalam politik. Media ini dibuat oleh perhimpunan Indonesia Belanda. (vinsen)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s