Seberapa Jauh Peran Peter L Berger dalam Konstruktivisme?

Pendekatan konstruktivis sebenarnya juga turut diperkenalkan oleh sosiolog intepretatif, Peter L. Berger. Ia banyak mengembangkan aliran ini dengan banyak menulis karya  dan tesis mengenai konstruksi sosial atas realitas.
Bagi Berger, realitas itu tidak dibentuk secara ilmiah, namun tidak juga, turun karena campur tangan Tuhan. Tapi sebaliknya, ia dibentuk dan dikonstruksi. Dengan demikian, realitas yang sama bisa ditanggapi, dimaknai  dan dibentuk secara berbeda-beda oleh semua orang. Karena setiap orang mempunyai pengalaman, preferensi, pendidikan tertentu dan lingkungan pergaulan atau sosial tertentu, di mana semua itu suatu saat akan digunakan untuk menafsirkan realitas sosial yang ada di sekelilingnya  dengan konstruksinya masing-masing.

Baca lebih lanjut di DICTUM edisi ke-3…..

Iklan

Satu pemikiran pada “Seberapa Jauh Peran Peter L Berger dalam Konstruktivisme?

  1. walaupun orang-orang mengkonstruksi realitasnya masing-masing namun saat sekarang ini pengaruh dari luar (masyarakat, teknologi,globalisasi dll) sangat besar..

    dan kelihatannya pengaruh luar ini lebih banyak mengendalikan /mengkonstruksikan kehidupan individu..sehingga individu kehilangan “kebebasannya” untuk mengkonstruksikan kehidupan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s