Harold D. Lasswell

har.jpg

Semua mahasiswa Ilmu Komunikasi pasti mengenal formula arus komunikasi “tertua” di dunia: “Who says what in which channel to whom with what effect“. Formula ini dibuat oleh Harold Lasswell.

Seperti kebanyakan ilmuwan yang meminati ilmu komunikasi, Lasswell berasal dari disiplin ilmu politik. Terakhir dia tercatat sebagai dosen di Universitas Chicago, tempat pengabdian intelektual sekaligus almamaternya, hingga ia wafat pada 18 Desember 1978. Ketika masih menjalani pendidikan sarjana di Universitas Chicago pada tahun 1920, pemikiran beliau sangat dipengaruhi oleh perspektif pragmatisme yang dilahirkan oleh Filsuf Amerika ternama, John Dewey dan George Herbert Mead.

Lasswell memandang proses komunikasi dimulai dari sumber sebagai titik awal komunikasi itu berasal. Dalam diri sumber terjadi proses pengkodean (encoding), yakni ketika ide diubah menjadi kode atau simbol bahasa, gerak-gerik dan sebagainya di alam pikirannya kemudian diekspresikan menjadi sebuah pesan berupa produk fisik seperti kata-kata yang diucapkan, dicetak, ekspresi wajah dan lain-lain yang disampaikan melalui saluran tertentu kepada penerima. Pesan tersebut diterima berupa ide atau simbol dan terlebih dahulu melalui proses pembacaan kode (decoding) dalam diri penerima dengan menyusunnya kembali guna memperoleh pengertian. Demikian selanjutnya terjadi proses yang sama dalam diri komunikan yang berubah menjadi komunikator (sumber) yaitu proses encoding maupun decoding dalam menyampaikan pesan sebagai feedback atau respon.

Proses ini terus berlanjut secara sirkuler sampai akhirnya proses komunikasi itu berakhir.

l febry ichwan butsi/dari berbagai sumber

Iklan

Satu pemikiran pada “Harold D. Lasswell

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s